Kriteria Contoh Jajanan Sehat untuk Dikonsumsi Anak
Kesehatan

Kriteria Contoh Jajanan Sehat untuk Dikonsumsi Anak

Saat mulai memasuki masa sekolah dasar anak-anak akan memiliki kecenderungan secara umum untuk jajan. Sering sekali kesalahan mengonsumsi makanan bisa membuat anak mengalami diare. Anda bisa menghindari hal ini dengan memberi tahu anak kriteria dari contoh jajanan sehat yang aman dikonsumsi.

  • Kemasan Tertutup

Kriteria yang utama sekali adalah kemasan dari jajanan dalam keadaan tertutup.  Baik itu jajanan basah atau pun kering. Semuanya harus dalam keadaan tertutup saat dibeli. Hal ini karena mengingat bahayanya akibat mengonsumsi makanan yang telah dihinggapi lalat. Jadi, pastikan jajanan yang dibeli dalam keadaan kemasan tertutup.

  • Tidak Berubah Warna atau Bau

Ada banyak sekali jajanan yang beredar di sekolah. Jika tidak melatih anak-anak Anda dengan memberitahu kriteria jajanan sehat, maka anak bisa berisiko mengalami sakit perut. Jajanan yang sehat itu memiliki warna yang tidak berubah.

Artinya bentuk makanan warnanya merata di semua bagian tanpa ada mengalami perbedaan warna. Bau dari makanan juga tidak menyengat atau bisa dikatakan tidak mengeluarkan bau yang tak sedap. Jika jajanan sudah berwarna atau berbau ini menunjukkan jajanan tersebut sudah rusak atau tidak higienis lagi. Ada pun jajanan yang sehat juga hadir dengan warna yang natural alias tidak terlalu terang karena dikhawatirkan menggunakan pewarna pakaian.

  • Bernutrisi

Contoh jajanan sehat dengan memiliki kriteria bernutrisi yaitu jajanan yang memiliki kandungan gizi. Mengingat anak Anda masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan penting sekali untuk mengonsumsi makanan bernutrisi.

Jajanan yang memiliki kandungan nutrisi tidak akan mengganggu nafsu makan anak dan tidak berisiko buruk pada pertumbuhan dan perkembangannya. Jajanan yang memiliki nilai nutrisi ini bisa diketahui dengan melihat keterangan komposisi pada kemasan. Selain itu, bisa diketahui dari bentuk makanannya dengan menduga bahan pembuat jajanan tersebut.

  • Tidak Digoreng Berulang Kali

Jajanan sehat di sekolah sangat susah ditemukan. Anda harus membuat anak paham bawa kriteria dari jajanan sehat yang juga harus diingat adalah tidak digoreng berulang kali. Hal ini biasanya terjadi pada jajanan berupa sosis, nugget, dan sejenisnya.

Anda perlu mengingatkan anak dengan sangat tegas. Jajanan yang digoreng dengan minyak yang berulang kali itu sudah mengandung kolesterol yang tinggi. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggorengkan sosis atau pun nugget yang disukai anak dari rumah. Masukkan ke dalam bekal atau wadah kecil yang bertutup untuk dibawa ke sekolah sebagai jajanan yang sehat.

Ini beberapa kriteria penting dari contoh jajanan sehat. Anda perlu memberitahukan ini pada anak sejak ia berusia 5 tahun atau sudah pada usia yang paham jika diberitahu. Ketika merasa begitu khawatir dengan higienis dan keamanan jajanan di luar bagi anak, maka jadilah Anda ibu yang siap menyediakan jajanannya. Anda bisa membuatnya sendiri sesuai dengan selera.