Dokter Spesialis Urologi
Kesehatan

Berikut Gejala-gejala Kesehatan yang Hendaknya di Periksakan ke Dokter Spesialis Urologi

Masalah kesehatan yang menimpa masyarakat pada dasarnya memang sangat beragam, sehingga tidak heran jika seandainya dokter yang melayani pengobatan jenisnya juga berbeda-beda, dengan beraga spesialisasi. Mulai diantaranya adalah dokter spesialis syaraf, kemudian juga ada dokter penyakit dalam, dokter spesialis jantung hingga ada juga spesialis urologi, istilah ini tentunya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan, mereka mengatasi masalah yang berhubungan dengan sistem kemih atau urologi.

Penyakit yang berhubungan dengan urologi ini memang sering dialami oleh masyarakat, bahkan juga dalam intensitas atau tingkatan yang berbeda-beda, diantaranya mulai dari yang ringan sampai juga yang kronis. Lalu sebenarnya apa sajakah bidang kerja yang ditangani oleh dokter spesialis sistem saluran kemih ini, berikut yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Audourologi, yaitu bidang yang nantinya fokus pada penanganan masalah kesuburan dan juga kesehatan organ reproduksi pria. Biasanya mereka yang ingin cepat memiliki anak, juga akan berkonsultasi ke dokter urologi ini, khususnya ada di bagian kajian audourologi.
  2. Urologi wanita, dokter yang ada di bidang ini umumnya hanya fokus di dalam menangani gangguan saluran kemih yang dialami oleh wanita.
  3. Urologi pediatrik, yaitu bagian dokter spesialis urologi yang menangani masalah saluran kemih yang dialami oleh anak-anak saja.
  4. Neurourologi, fokusnya hanya di bagian saluran kemih yang disebabkan oleh masalah sistem syaraf.
  5. Urologi rekonstruktif, di bidang ini nantinya akan dilakukan tindak pembedahan yang ditujukan untuk memperbaiki struktur dan juga fungsi dari saluran kemih yang bermasalah.
  6. Onkologi urologi, fokusnya ada pada masalah tumor dan juga kanker yang ada pada sistem kemih, seperti diantaranya adalah penyakit kanker ginjal, kanker kandung kemih dan juga kanker prostat maka penanganan atau pengobatan ada di bidang ini.
  7. Endourologi, kedokteran ini nantinya akan mengobati masalah yang berhubungan dengan gangguan pada saluran kemih, misalnya adalah mereka yang menderita penyakit batu pada saluran kemih maka akan melakukan metode invasif minimal.

Ada beberapa kondisi kesehatan yang memang harus ditangani oleh bagian urologi ini, diantaranya ketika Anda mengalami gejala kesehatan berikut ini, yaitu:

  1. Perubahan warna pada urine ketika kencing, diantaranya adalah urine akan berubah warna menjadi merah muda, merah hingga cokelat, biasanya disebabkan karena urine tersebut mengandung darah.
  2. Rasa nyeri yang terjadi pada punggung, perut bagian bawah, pinggang yang disertai dengan beberapa gejala seperti diantaranya adalah mual dan juga muntah.
  3. Rasa sakit atau nyeri pada saat buang air kecil.
  4. Mengalami kondisi ingin selalu buang air kecil, padahal sudah buang air kecil sebelumnya dan juga urine yang dikeluarkan tidak banyak, terasa kurang tuntas.
  5. Inkontinensia urine, atau sebuah kondisi dimana seseorang tidak dapat menahan hasrat untuk buang air kecil.
  6. Mengalami disfungsi seksual, baik itu pada pria maupun wanita, maka harus segera di periksakan pada dokter urologi sehingga tidak semakin bertambah parah.
  7. Mengalami masalah kesuburan, khususnya pada pria.
  8. Volume urine yang dikeluarkan sedikit atau sebaliknya terlalu berlebihan.
  9. Terdapat benjolan pada testis..

Jadi jika mengalami beberapa gejala di atas sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis urologi ini, tidak semua rumah sakit memang memilikinya, namun sebagian banyak rumah sakit besar ada, atau biasanya akan ada rujukan dari rumah sakit tempat berobat sekarang.